Ahmadinejad: Baratlah Penyebab Krisis Pangan

ROMA, RABU – Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyalahkan Barat atas meningkatnya harga makanan, dan pada saat yang sama menyerang kebijakan AS di Timur Tengah.

Saat memberi sambutan pada pertemuan puncak mengenai keamanan pangan, yang diadakan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), Selasa (3/6), Ahmadinejad mengatakan, harga pangan yang tinggi saat ini terjadi akibat beberapa alasan. “Devaluasi dollar dan inflasi global, dan beberapa orang lain mempertimbangkan perubahan lingkungan hidup serta kemarau, peningkatan konsumsi, tak memadainya metode pertanian, dan rendahnya tingkat efisiensi produksi, dan mata rantai petani,” katanya.

Tetapi, ia menuduh Barat dengan sengaja mendevaluasi dollar AS sehingga menyulut naiknya harga minyak dan pangan. “Hari ini para perencana di negara besar bertindak untuk mendevaluasi dollar,” kata Ahmadinejad. Ditambahkannya, Barat bermaksud memaksakan keinginan mereka terhadap pasar.

Konferensi tingkat tinggi PBB tersebut diserukan saat dunia sedang menghadapi peningkatan dramatis harga pangan, dengan tujuan memperoleh janji donor bagi bantuan mendesak sebagai penyelesaian jangka pendek dan juga untuk menggerakkan strategi jangka panjang guna mengamankan produksi makanan. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan 40 kepala negara atau pemerintahan menghadiri pertemuan tiga hari dengan harga pangan yang membubung, perubahan iklim, dan bioenergi menjadi pokok pembicaraan.

Sebagai suatu penyelesaian, Ahmadinejad menyarankan pembentukan satu badan independen yang kuat, yang dipatuhi oleh semua negara, untuk secara adil mengatur pasar pangan dan mengelola semua masalah yang berkaitan mulai dari produksi hingga konsumsi.

Dalam suatu taklimat di sisi pertemuan tingkat tinggi tersebut, Ahmadinejad menyerang Presiden AS George W Bush karena kebijakan bermusuhannya terhadap Iran. “Bush sangat tertarik pada serangan militer terhadap Iran. Beberapa kali ia berusaha mendapatkan alasan untuk menyerang , tapi setiap kali pula ia gagal,” kata Ahmadinejad.
“Amerika Serikat (telah) tak memberikan apa pun ke Timur Tengah, kecuali ancaman, tekanan, dan paksaan,” kata Presiden Iran itu.
SAS
Sumber : Antara

Berita ini dikutip dari kompas.com yang diterbitkan pada tanggal 4 Juni 2008, saya angka kemabli karena kekaguman saya terhadap presiden iran ini yang masih muda dan cerdas dalam memimpin negaranya. Dia benar-benar presiden yangmampu membaca dan menjawab tantangan dari lawan-lawannya. Dan saya tertarik pada kalimat ini “Tetapi, ia menuduh Barat dengan sengaja mendevaluasi dollar AS sehingga menyulut naiknya harga minyak dan pangan.” Sudah bukan rahasia lagi kalo negara kita ini lebih banyak diprovokasi dan dikendalikan oleh pihak Barat dan tidak menutup kemungkinan pula kalau kalimat tersebut memang terjadi pada negara kita sehingga Bangsa ini sepertinya terpuruk pada krisi yang berkepanjangan. Kini saatnya mungkin negara kita butuh sosok pemimpin yang tegas dan berani seperti apa yang diperlihatkan oleh Mr. Ahmad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: