Merebaknya Penyakit Hewan ditengah-tengah Kehidupan Kita

Meski belum sampai ke Indonesia, namun kita harus mewaspadai virus swine flu atau flu babi yang telah merenggut puluhan nyawa di Meksiko. Lantas bagaimana gejala penderita yang terkena penyakit flu babi ini? Pada umumnya, gejala infeksi flu babi pada manusia mirip dengan flu biasa pada manusia. Yakni, demam yang muncul tiba-tiba, batuk, nyeri otot, sakit tenggorokan dan kelelahan yang berlebihan. Namun selain itu, virus flu babi bisa membuat penderita muntah-muntah dan diare. Demikian seperti diberitakan Reuters, Senin (27/4/2009).

Pemerintah AS telah menyatakan wabah flu babi ini merupakan wabah yang serius. Wabah ini juga diyakini akan terus menyebar. Bahkan badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan, flu babi merupakan keadaan darurat kesehatan publik yang menjadi keprihatinan internasional. Flu babi ini mendatangkan risiko terbesar terjadinya pandemi berskala besar sejak wabah avian flu yang muncul kembali pada tahun 2003 lalu dan menewaskan 257 orang dari 421 penderita di 15 negara….

Apabila kita renungkan ayat Al-Qur’an Surat Al-Araf ayat 179 yang artinya “Dan sesungguhnya Kami jadikan isi Neraka Jahannam kebanyakan jin dan manusia, mereka mempunyai hati tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat tanda-tanda kekuasaan Allah dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakan untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai”… yang jadi pertanyaan dalam renungan kita apakah munculnya penyakit-penyakit seperti flu burung, flu babi, dan penyakit aneh lainnya ini membuktikan bahwa kehidupan manusia sekarang ini sudah seperti hewan ternak atau bahkan lebih sesat lagi sehingga layak Allah turunkan azab seperti ini…???? jangan bertanya pada rumput yang bergoyang, tapi coba tanyakan pada diri kita sendiri dengan berkaca pada ayat tersebut di atas…

2 Responses

  1. Dalam “keadilan Tuhan”, penyakit dan sebagainya bukanlah sebuah kejahatan, dan mengada karena sebab-sebab untuk terjadinya telah dicukupi. Artinya … penyakit-penyakit mematikan itu boleh muncul di tengah orang yang baik (khair al-bariyyah), semungkin muncul di tengah orang yang binatang (syarr al-bariyyah), selama syarat-syarat bagi penyakit untuk mengada terpenuhi. Itulah sunnah Allah.

  2. Keadaan ini membuktikan bahwa peran penting kesehatan hewan tidak boleh diabaikan..

    Hewan adalah ciptaan Allah swt dan harus mendapat pengobatan jika mengalami sakit.. Rasulullah adalah seorang pria yang bukan hanya mencintai saudara2, tetapi juga mencintai hewan.

    Ingin tahu lebih tentang kesehatan hewan, mari mampir ke:

    http://duniaveteriner.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: