HAMIL DI LUAR NIKAH DAN MASALAH NASAB ANAK ZINA

HAMIL DI LUAR NIKAH DAN MASALAH NASAB ANAK ZINA

Dalam fasal ini ada beberapa kejadian yang masing-masing berbeda hukumnya, maka kami
berkata:
1. Apabila seorang perempuan [Gadis atau janda] berzina kemudian hamil, maka anak yang dilahirkannya adalah anak zina dengan kesepakatan para ulama, walaupun kemudian perempuan tersebut dinikahi/tidak dinikahi oleh laki-laki yang menzinainya.
• Nasab : Dinasabkan kepada ibunya [Misalnya Fulan bin Fulanah atau Fulanah binti Fulanah], tidak dinasabkan kepada bapak zinanya.
• Hak Waris : Hak waris terputus dengan bapaknya, dia hanya mewarisi ibunya dan ibunya mewarisinya.
• Hak Perwallian : Seorang anak perempuan dari hasil zina, terputus dengan perwaliannya dengan bapaknya. Yang menjadi wali nikahnya ialah sultan (penguasa) atau wakilnya seperti qadli (penghulu)1. Dan tidak wajib bagi bapaknya memberi nafkah kepada anak yang lahir dari hasil zina2.

Lebih lengkapnya bacalah hamil-di-luar-nikah-dan-masalah-nasab-anak-zina

14 Responses

  1. mo nanyak nichh….
    dinisbahkan ke syp anak cewek hasil zina ibunya jika ia menikah…..????
    misalkan klo yang anak sah :
    saya nikahkan maryam binti ahmad……
    nah klo anak hasil zina, kan gk da nasbnya, trs klo nikah binti nya jtuh ke nama sypa????
    hhehe

    • mayoritas ulama menisbahkan anak zina kepada ibunya, karena terdapat hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, “Anak itu bagi wanita yang menjadi tempat tidur (wanita yang dizinai), dan balasan bagi wanita pelacur adalah di rajam (dilempari dengan batu, jika dia telah menikah)”.

    • mau nany klo ad seorang cew hamil di luar nikah terus menikah dgn laki”yg mnzinainya bgaimanakah hukumny ithu.. dn ank ithu d sbut sbgai ank ap.. terus klo qt sbgai ibuny ithu mlah bangga kyax tdk ad mslh sdkt pun.. dn apkah ibuny ithu dosa??

      • wanita yg sdg hamil tdk boleh dikawinkn kcuali setelah melahir meskipun dg org yg buat anak itu,makanya jgn buat anak kalo lum nikah… krn trlalu banyak persoalannya. anak itu kalo perempuan tdk bs berwali dgn laki yg buatnya….. rumit rumuit….

  2. saya berkahwin dengan seorang duda anak dua.boleh saya bertanya…? adakah wajib bagi suami saya membayara nafkah keatas anak pertamanya yang dikategorikan kepada anak luar nikah suami bersama bekas isterinya dahulu?

    • Kalo menurut ulama pada artikel yang saya muat ini, suami tiadak wajib memberi nafkah untuk anak hasil zina, namun apabila ada kesepakatan antara suami anda dan bekas istrinya ya itu tergantung kesepakatannya…

  3. mau tanya, kalau anak hasil zina yang dilahirkan adalah anak laki-laki bagaimana nasabnya? tks..

  4. saya telah menikah selama 13 tahun, menurut informasi dari mertua saya, bahwa anak perempuannya (yang sekarang sudah jadi istri saya) adalah anak hamil di luar nikah, padahal yang menjadi wali nikah dulu adalah bapaknya.
    pertanyaan saya,bagaimana status pernikahan saya saat ini? apakah saya harus menikah ulang? bagaimana status anak saya dan perbuatan kami sebagai suami istri selama ini.

  5. stlh aq membaca daribeberapa jawaban yg tlh tercamtum, ne aq mers kurang puas tuk jadi pedoman cz tdk ad refereinsix,

  6. saya mau tanya apabila ada seorang istri hamil sama laki2 lain, dan anaknya perempuan dan ga ada yg tau, itu gimana//?

    • Hanya wanita itulah yang tahu siapa bapaknya, kalau dia ngga mau mengungkapkannya ya…ngga ada yang tahu anak itu bukan anak zina

  7. Percakapan dimulai hari ini
    Febriyanti Santi
    15:32
    Febriyanti Santi
    .. ada pertayaan yang ingin saya tanyakan mengenai pernikahan. Hal yang sangat urgen . ada suatu kejadian seorang laki2 menikahi perempuan . sebulan kemudian itu perempuan tersebut hamil. namun dalam menjalankan rumah tangganya suami istri pisah rumah karena pekerjaan. ketika istri lahiran , barulah istri trsebut menyatakan bahwa sebelum dia menikah istri tsb telah hamil namun bukan dri suami sahnya. maka suami tsb tidak menerima pernyataan istrinya, lalu suami trsebut ingin langsung cerai. yang saya ingin tanyakan kepada siapakah nasab anak tersebut beserta hak walinya nanti… mhon penjelasannya

  8. sepertinya artikel yang anda buat copas dari bukunya ust abdul hakim

    • yap itu kan di bawahnya ada sumbernya yang bisa di download, nggak sembarangan copas lah pasti saya sebutkan sumbernya, makasih atas koreksinya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: