Untukmu pemuda…….

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kalian dan orang-orang yang layak(menikah) dari hamba-hamba sahaya kalian yang lak-laki dan hamba-hamba sahaya kalian yang perempuan. Jika m ereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”(Q.S.  An-Nuur (24):32)

Sesungguhnya menikah adlah sunnah yang telah berlangsung sejak zaman Adam as. dan akan tetap berlaku sampai hari Kiamat. Menikah merupakan sunnah para nabi dan orang-orang shalih. Sesungguhnya Islam telah mengharamkan hidup merahib, tidak menikah, mengingkari kehidupan berumah tangga, dan mengharamkan hal-hal yang baik dalam kehidupan dunia.

Meniadakan pernikahan sama dengan membolehkan pergundikan atau penyimpangan seksual. Kenyataan inilah yang terjadi sekarang di dunia Barat, di mana jumlah orang yang menikah sangat sedikit, sedang jumlah penyimpangan dan penyelewengan seksual sangat banyak. Hal ini merupakan peringatan dini bagi umat manusia bahwa mereka akan terjerumus ke dalam jurang kehancuran dan runtuhnya kebudayaan.

Sesungguhnya pernikahan merupakan jalan hidup dan pergaulan seumur hidup, bukan urusan mudah atau perkara sekunder. oleh karena itu, sudah menjadi keharusan bagi orang yang ingin menikah untuk mengambil keputusan yang baik dalam memilih pendamping hidupnya dan pasangan yang akan menemaninya dalam mengarungi bahttera kehidupan.

Pedoman untuk memilih pasangan hidup cukup banyak dan beragam, tetapi hal yang paling penting adalah membuat urutan langkah dan skala prioritas dalam menyikapi dasar-dasar ini. Selanjutnya, perlu menganalisis lagi apakah semua langkah tersebut sudah jelas bagi orang yang akan melangkahkan kakinya untuk menikah atau belum.

Apakah dasar atau pilar yang kokoh dalam menjalankan penilaian ini? Bagaimanakah seorang lelaki harus memilih teman hidup yang akan mendampinginya dan bagaimanakah dia harus menentukan prioritasnya secara khsusu dalam hal ini? Berikut ini pesan yang terkandung dalam Hadits Nabi yang mulia melalui sabdanya:

‘Wanita dinikahi karena empat perkara: karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah wnita yang beragama, niscaya engkau akan beruntung.”(HR. Muttafaq’alaib)

Artinya, pilihlah wanita yang kuat agamanya dan menangkanlah sisi agamanya serta jadikanlah agama sebagai rioritas utamamu. Jika engkau tidak memilih yang beragama, niscaya kedua tanganmu akan berlumuran tanah, yakni akan merugi dan jatuh fakir.

“Dunia adalah kesenangan dan sebaik-baik kesenangan dunia adalah istri yang shalih.” (HR. Imam Muslim, Ibnu Majah dan Imam Baihaqi dalam Kitab Syu’abul Imannya)

Setiap orang yang hendak menikah terlebih dahulu dianjurkan untuk melakukan istikharah sebelum mengajukan lamarannya. Janganlah maju melamar sebelum merasa tenang dengan keputusan yang diambilnya. Sebagai referensi bisa mengikuti do’a ini:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ditentukan pilihan berdasarkan ilmu-Mu, memohon kekuatan kepada-Mu melalui kekuasann-Mu, dan memohon kepada-Mu dari karunia-Mu yang agung. Sesungguhnya engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahui. Engkau berkuasa, sedang aku tidak berkuasa, dan Engkau Maha Mengetahui semua yang ghaib Ya Allah, jika engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkanlah urusannya) baik bagiku dalam urusan agama, penghidupan dan kesudahan urusanku, maka tetapkanlah urusan ini bagiku dan mudahkanlah bagiku untuk meraihnya. Ya Allah, jika Engkau mengetahui urusan ini buruk bagiku dalam urusan agama, penghidupan dan kesudahan urusanku, maka palingkanlah ia dariku dan hindarkanlah aku darinya serrta tetapkanlah bagiku hal yang terbaik apa pun adanya, kemudian ridhailah aku dengannya.”

One Response

  1. pesan yang bagus to pemuda penerus bangsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: